Friday, July 26, 2019

Prinsip Latihan Fisik


a.    Prinsip beban bertambah
Tubuh manusia pada umumnya menyesuaikan diri dengan beban kerja atau beban yang lebih berat. Kekuatan otot akan lebih efektif bila diberi beban sedikit diatas kemampuannya. Prinsip peningkatan beban bertambah dalam latihan dapat dilakukan dalam beberapa cara, misalnya meningkatkan frekuensi, intensitas, tipe latihan dan lama latihan.
b.    Prinsip individualisasi
Setiap individu mempunyai faktor psikologis dan fisiologis yang berbeda, oleh karena itu prinsip individualisasi merupakan hal yang sangat penting diterapkan pada setiap pelaku.Setiap program latihan harus disusun berdasarakan kemampuan masing-masing pelaku agar tujuan latihan dapat tercapai.Factor umur, jenis kelamin, bentuk tubuh, kedewasaan, latar belakang pendidikan, lamanya berlatih, tingkat kebugaran jasmani, psikologis setiap pelaku semuanya harus diperhatikan dalam penyusunan suatu program latihan fisik.


Sumber slideshare.net

c.     Prinsip pemulihan
Prinsip pemulihan adalah untuk memberikan kesempatan bagi tubuh untuk berkembangdan mengadaptasi diri agar dapat melaksanakan latihan berikutnya secara maksimal.Pemulihan atau pulih asal secara biofisiologis bertujuan untuk membentuk cadangan energy dan meresintesis
sampah metabolism asam laktat dari darah dan otot) menjadi sumber energy baru untuk aktivitas fisik lainnya. Bentuk kegiatan selama pulih asal unsur biofisiologis dapat dilakukan dengan cara istirahat aktif maupun istirahat pasif.
d.    Prinsip kekhususan
Prinsip kekhususan mengarah pada perubahan morfologis dan fungsional yang berkaitan dengan gerak cabang olahraga yang bersangkutan.Prinsip kekhususan ini meliputi kekhususan tujuan yang ingin dicapai, kelompok otot yang dilatih, pola gerak, sistem energi utama, serta jenis kontraksi.

3 comments: