Wednesday, July 24, 2019

Sejarah Olimpiade



Olimpiade yang paling awal konon diselenggarakan bangsa Yunani kuno pada tahun 776 Sebelum Masehi. Kegiatan tersebut diikuti seluruh bangsa Yunani dan dilangsungkan untuk menghormati dewa tertinggi, Zeus. Dalam sejarah dikisahkan bahwa peserta lomba harus bertelanjang bulat sebagai bentuk persembahan kesucian di depan sang Dewa, terlebih ketika Sang Juara Olimpiade pada saat itu mampu menghentikan peperangan yang sedang bergejolak. Hal ini menjadi suatu pertanda bahwa olahraga saat itu diyakini sebagai alat perdamaian dan alat pemersatu antar suku.
Ajang olahraga pertama yang pelaksanaannya serupa dengan Olimpiade kuno adalah L'Olympiade de la République, sebuah festival olahraga nasional yang diadakan pada tahun 1796 sampai 1798 selama masa Revolusi Perancis. Dalam pelaksanaannya, ajang ini mengadopsi beberapa peraturan-peraturan yang berlaku dalam Olimpiade kuno Ajang ini juga menandai diterapkannya sistem metrik ke dalam cabang-cabang olahraga.


Gambar: Olimpiade kuno
Olimpiade modern pertama sekali diselenggarakan di Athena pada tahun 1896 hampir identik dengan Olimpiade Liverpool. Pada tahun 1865, Hulley, Dr. Brookes dan EG Ravenstein mendirikan Asosiasi Olimpiade Nasional di Liverpool, yang merupakan cikal bakal terbentuknya Asosiasi Olimpiade Britania Raya. Selanjutnya, pada tahun 1866, sebuah ajang bernama Olimpiade Nasional Britania Raya diselenggarakan di London sebuah ajang bernama Olimpiade Nasional Britania Raya diselenggarakan di London.

WAKTU
PENYELENGGARA
KETERANGAN
776 SM
Yunani kuno
Mempertandingkan cabang-cabang atletik seperti lari, loncat, dan lempar. Ada juga pacuan kuda dan pacuan kereta
1796
Perancis
L'Olympiade de la République . Diterapkannya sistem metrik ke dalam cabang-cabang olahraga
1862
Liverpool, Inggris
Grand Olympic Festival, ajang olahraga pertama yang bersifat internasional
1866
London, Inggris
Olimpiade Nasional Britania Raya
16-23 Juni 1894
kongres di Universitas Sorbonne, Paris
dibentuk Komite Olimpiade Internasional atau IOC
1896
Athena, Yunani
diikuti oleh 14 negara dengan 241 atlet dalam 9 cabang. Setelah itu, Olimpiade digelar terus setiap empat tahun sekali hingga sekarang








No comments:

Post a Comment