Wednesday, July 24, 2019

The Origin of Gymnastic


Pokok kata senam dari Yunani dengan kata Gymnos. Dalam bahasa Belanda Gymastiek, sedangkan Gymnastic dalam bahasa Inggris. Jadi senam adalah terjemahan dari kata Gymastiek/ Gymnastic. Gymnos berarti telanjang. Gymnastic pada jaman kuno memang dilakukan dengan badan telanjang atau setengah telanjang dengan maksud agar gerakan dapat dilakukan dengan sempurna. Gymnasion/Gymnasium berarti rungan tertutup tempat berlatih/ bertanding dengan badan telanjang atau setengah telanjang, sedangkan pesenam disebut dengan Gymnast. Saat sekarang ini senam tidak lagi dilakukan dengan telanjang, namun telah diciptakan pakaian khusus baik untuk pesenam putra dan pesenam putri dan dapat dilakukan di luar ruangan dan di dalam ruangan.

sumber: http://hetroertzen.com

Tokoh-Tokoh Senam

NO
NAMA TOKOH
PERAN DALAM PERKEMBANGAN SENAM
1
Johan Cristoyen Friedrich Basedow (1776)
memasukkan senam sebagai bagian dari pada tugas
kedalam sekolah-sekolah di eropa. Beliau adalah penulis Senam yang pertama dan sebagai guru senam, yang memberi latihan-latihan menurut suasana yang teratur. Kegiatan-kegiatan jasmani yang terpimpin dan teratur dipandangnya sebagai suatu alat pendidikan yang baik untuk mengembangkan jasmani dan rohani
2

Johan Bernhard Gutsmuths
menciptakan senam sekolah secara sistematis dengan dasar-dasar Paedagogisch. Menciptakan permainan senam dengan tujuan kesenangan dan kegembiraan jiwa sebagai lawan dari permainan yang mengejar kemenangan. Menerbitkan buku berjudul “ Gymnastic fur Die Jugend” (1793)
3
Gerhadr Ubrich Anton Vieth

Membagi macam-macam latihan, yaitu : 1). Latihan pasif, untuk menempa dan memantapkan organ tubuh, misalnya : duduk, berbaring, mengayunkan anggota tubuh. 2) Latihan aktif, untuk menguatkan, kelentukan dan kreativitas serta skill, misalnya : berjalan, memanjat, melompat, melompat pada perkakas. Penggagas palang sejajar pada senam yang secara resmi menjadi apparatus senam.
4
Johann Heinrich Pestalozzi
pencipta latihan-latihan bebas/ senam elementair (senam lantai) berdasarkan gerak persendian persendian tubuh dan senam calisthenics (senam pembentukan). Mengembangkan olahraga pendidikan dan khususnya untuk senam di Jerman maupun Negara lainnya.
5

Adolf Spiess


Bapak senam ala Jerman latihan bebas dengan kemungkinan gerak seluas-luasnya. Menemukan gerakan kip-up giant swing fly away, dan sikap kaki yang lurus.




6
Johan Friedrich Simon dan Friedrich Ludwig Jahn
Friedrich Ludwig Jahn lahir di Berlin Jerman Barat pada tahun 1774, ayahnya adalah Johan Friedrich Simon seorang pendeta yang juga berprofesi sebagai pendidik dan berhasil menciptakan latihan untuk alat (tangga), tali panjat dan sebagainya, Simon yang membangun senam alat kemudian diteruskan oleh putranya F.L Jahn. Mendirikan organisasi yang diberi nama yang
beranggotakan para guru, orang dewasa dan para pemuda di Jerman dengan motto perjuangan :4F (fresh = riang; Frie = merdeka; Frechlich = cakap; Fromm = jujur). Semenjak itu Istilah gymnastik dirobah menjadi yang selanjutnya dikenal dengan istilah Turnen (alat).
7

Pehr Hendrik Ling dan Hjilmar
Mempermudah gerakan-gerakan senam yang disesuaikan dengan ilmu Anatomi dan Physiologi. Menciptakan suatu perkakas yang dipergunakan untuk melaksanakan gerakan-gerakan senam, misalnya memanjat, melompat, melompat dengan kuda-kuda (voulting), angkat besi, angkat beban, latihan keseimbangan, dan semua gerakan ini harus dimulai dengan memakai aba-aba. Menciptakan perkakas seperti palang tunggal, balok keseimbangan, kuda-kuda berpelana, tangga swedia, bangku Swedia dan riba, ini biasa disebut perkakas senam Swedia, perkakas tersebut masih dilengkapi dengan ; tali serong, tali tegak lurus, tali panjat dan kuda-kuda. Selanjudnya Hjilmar Ling (anak P.H Ling) menciptakan palang tunggal, beliau mengembangkan system ayahnya.
8
Amoros
menggunakan perkakas trapeze, gelang-gelang, tali berbuku papan serong, alat pengukur kekuatan fisik.
9

Frans Nachtegall





Pemakaian matras untuk lompat kuda-kuda
yang pertama kali
10
Gaulhobfer dan Margareta Streicher
Menyusun suatu system olahraga pendidikan, yang sampi sekarang dikenal dengan system Austria berfikir sangat dipengaruhi oleh aliran modern dalam bidang ilmu jiwa, ilmu mendidik dan ilmu biologi. Pandangan modern terhadap latihan jasmani ditinjau dari segi pengetahuan: biologi physiologis, morpologis, media, dari sudut sejarah sosial dan budaya semuanya diperhatikan serta diolah dengan seksama dalam menyusun sistem tersebut.
11
Kapten P. Eenhoom dibantu oleh Letnan C.Giebel dan

Letnan Reinolse sebagai instruktur.
Mendirikan sekolah senam kemiliteran. Melaksanakan senam system Swedia, dibangun Aula Senam (Gymnasium) yang dilengkapi dengan perkakas Senam berupa : matras, box (Kuda-kuda, kambing-kambingan, kuda berpelana, palang tunggal, rings, balok keseimbangan, jenjang, bangku Swedia, palang sejajar dan tali untuk latihan berayun, disamping itu juga dilengkapi alat senam misalnya: gada, simpai, halter, tongkat 1 meter, dempel dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment